Tradisi Suran Grumbul Ciledug Desa Cikembulan Kecamatan Pekuncen Kabupaten Banyumas

Tradisi Suran Grumbul Ciledug Desa Cikembulan Kecamatan Pekuncen Kabupaten Banyumas

Tradisi Suran Grumbul Ciledug Desa Cikembulan Kecamatan Pekuncen Kabupaten Banyumas

Pertunjukan Wayang Oleh Ki Dalang Jayus Dis Siswocarito

      Cikembulan (16 Juli 2024) - Tradisi Suran Grumbul di Ciledug, Desa Cikembulan, Kecamatan Pekuncen, Kabupaten Banyumas, kembali digelar dengan meriah. Tradisi tersebut dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan berkah dan menangkal datangnya marabahaya. Selain itu acara ini juga bertujuan untuk syukuran atas rahmat dan rezeki yang diberikan oleh Allah SWT.

     

       Perayaan tahunan ini merupakan salah satu momen yang sangat dinantikan oleh masyarakat setempat. Dimana pada awalnya acara ini dibuka oleh MC dari Perwakilan Mahasiswa KKN Unsoed 2024 yaitu Nur Andina yang merupakan mahasiswa jurusan Kedokteran 2021. Acara selanjutnya adalah sambutan dari ketua RT yaitu bapak Sutarso dan Sambutan dari kepala desa cikembulan yaitu Bapak Agus Wijaya, S.Pd. Setelah itu dilanjutkan acara mukodimah suran oleh Bapak Untung Supriyanto. Setelah sambutan selesai dilanjutkan dengan acara santunan anak yatim, kemudian dilakukan syukuran dengan pembacaan tahlil dan doa bersama, serta dilakukan pemotongan tumpeng.

      Puncak acara diisi dengan pertunjukan wayang oleh Ki Dalang Jayus Dis Siswocarito, dimana sebelum pertujukan wayang dimulai dilakukan penyerahan tokoh wayang oleh Bapak Ketua RW 2 yaitu Bapak Kasirun. Pada pertunjukan wayang ini menampilkan kisah-kisah epik yang mengandung nilai-nilai luhur budaya Jawa. Pertunjukan wayang ini tidak hanya menjadi hiburan, tetapi juga sarana edukasi dan pelestarian tradisi bagi generasi muda. Masyarakat dari berbagai kalangan berkumpul untuk menyaksikan dan merayakan kebersamaan dalam suasana yang penuh semangat dan kearifan lokal ini.

 

Related Posts

Komentar